Terapi Tulisan Tangan (Grapho-Therapy)
Setiap
orang mempunyai karakter yang berbeda dalam tulisan tangannya. Untuk mengenali
kebiasaan dan kepribadian anak/seseorang, Psikolog di Amerika dalam
penelitiannya selama 10 tahun terakhir telah menemukan bahwa kebiasaan,
perilaku dan kepribadian yang kita miliki terbentuk selama masa kecil kita.
Banyak trauma masakecil yang berdampak pada kepribadian seseorang hingga orang
tersebut dewasa. Kini metoda untuk merubah kebiasaan dan kepribadian anak yang
kurang baik dengan merubah cara anak menulis dikenal dengan istilah
“Grapho-Therapy”.
Para
psikolog di Amerika juga telah menerapkan Grapho-therapy selama lebih dari 30
tahun dan mereka sampai pada kesimpulan bahwa Grapho-Therapy adalah metoda yang
tercepat, termudah dan terbaik untuk merubah perilaku/kebiasaan seorang anak.
Grapho-Therapy akan maksimal hanya jika memenuhi persyaratan berikut:
Grapho-Therapy akan maksimal hanya jika memenuhi persyaratan berikut:
- Anak berusia 13 tahun ke bawah
- Konsisten (Dilakukan selama setiap hari minimal
3 bulan berturut-turut selama minimal 10 menit setiap hari)
- Selangkah demi selangkah (Tentukan dahulu
masalah/perilaku yang akan dibuat dan diterapkan grapho-therapy untuk satu
trait saja dalam satu kurun waktu)
Hasil
yang diharapkan setelah pelatihan ini adalah para guru dapat lebih mengenali
karakter masing-masing anak didiknya, menghindari trait yang dapat berkembang
menjadi karakter yang merugikan bagi anak dan dapat segera mengenali timbulnya
gejala konflik atau stress pada diri anak melalui tulisan tangannya.
PREFERENSI KARAKTER ANAK
Secara umum pola menulis yang
dianjurkan adalah huruf-huruf yang paling simple, tulisan yang rapi, ritme yang
baik, jarak antar spasi dan antar kata yang teratur dan komposisi margin yang
baik.
Pada dasarnya, anak-anak pada usia sekolah diharapkan memiliki dasar-dasar dari karakter-karakter tertentu yang dapat mendukung perilaku positif dari anak tersebut, dan secara umum dianggap dapat membantu anak baik di sekolah maupun sebagai bekal kehidupan di masa depannya.
Pada dasarnya, anak-anak pada usia sekolah diharapkan memiliki dasar-dasar dari karakter-karakter tertentu yang dapat mendukung perilaku positif dari anak tersebut, dan secara umum dianggap dapat membantu anak baik di sekolah maupun sebagai bekal kehidupan di masa depannya.
BEBERAPA PREFERENSI KARAKTER
- Memiliki kemampuan berkonsentrasi yang baik (
i- titik dekat dengan batangnya )
- Memiliki sikap yang positif terhadap dirinya
sendiri/ percaya diri ( t- strip tinggi menunjukkan rasa percaya diri yang
sehat )
- Memiliki sikap yang positif dalam kehidupan
social dan masyarakat dan dalam mengatur hidupnya
- Kemiringan Tulisan
Cara
seseorang memandang hubungan social dengan orang lain dapat dianalisa melalui
kemiringan tulisannya. Kemiringan antara 0-2 o diukur dari garis tengah bujur
derajat adalah kemiringan yang dianggap ideal. Anak dengan kemiringan tulisan
yang vertical ini cenderung realistis dan rasional. Kemiringan ke kanan
menunjukkan anak yang ramah, mudah bergaul akan tetapi sisi lain dari trait ini
adalah mereka cenderung emosional dan mudah merasa iba.
- Spasi
Spasi
adalah indicator dari hubungan seseorang dengan lingkungannya. Spasi yang ideal
berjarak kira-kira 1 huruf m atau 2 huruf n. jarak spasi yang teratur antar
baris dan kata menunjukkan kecenderungan anak yangstabul, rapih, dan mampu
bersosialisasi dengan baik
- Margin
Keseluruhan
margin yang baik dan teratur menunjukkan kecenderungan anak memiliki nilai
estetika, tujuan yang jelas dan kosisten karena margin adalah indicator
bagaimana seseorang menata hidupnya.
- Margin kanan yang sempit menunjukkan anak tidak
takut untuk maju ke masa depan dan tidak memaksakan kehendak
- Margin atas > 1 cm menunjukkan rasa
rendah hati dan perhatian pada orang lain
- Margin kiri / 1 cm dan teratur lurus
menunjukkan sifat mau maju dari masa lalu, peduli terhadap orang lain dan
baik hati
BEBERAPA
TRAITS YANG HARUS DIWASPADAI
Dalam analisa tulisan tangan,
sebuah trait dapat dianggap berlaku jika ia muncul cukup sering dan konsisten
dalam tulisan seseorang. Jika sebuah trait muncul kurang dari 3 kali maka trait
tersebut dapat diabaikan.
1. Segala sesuatu yang ‘terlalu’ atau ekstrim
a. Kemiringan yang ekstrim
1. Segala sesuatu yang ‘terlalu’ atau ekstrim
a. Kemiringan yang ekstrim
- ke kiri menunjukkan kecenderngan anak menarik
diri, takut pada komitmen, keras kepala, egois dan suka memberontak
- ke kanan menunjukkan anak tidak sabar,
terburu-buru dan cemas
- ke kiri dank e kanan menunjukkan kecenderungan
anak sedang tidak stabil, sulit untuk diprediksi dan tidak bahagia
b.
Ukuran huruf yang ekstrim
- Terlalu kecil menunjukkan kecenderungan anak
tidak percaya diri, cenderung tidak jujur dan depresi
- Terlalu besar menunjukkan kecenderungan anak
egois dan ingin segala sesuatu berpusat kepada dirinya
c.
Margin yang ekstrim
- atas terlalu sempit menunjukkan kecenderungan
anak yang arogan, egois, selektif dan tinggi hati
- bawah terlalu sempit menunjukkan kecenderungan
anak yang materialistis dan kurang tegas
- kiri terlalu sempit menunjukkan kecenderungan
anak yang masih membawa ketakutan di masa lalu dan memiliki masalah dengan
hubungan dengan orang lain
d.
Garis dasar yang ekstrim
- naik ekstrim menunjukkan kecenderungan anak yang
mudah gelisah dan memiliki ambisi yang berlebihan
- turun ekstrim menunjukkan anak sedang mengalami
depresi yang serius dan hanya peduli kepada diri sendiri
2.
Bentuk Hook di tempat-tempat tertentu
Hook atau sudut tajam di daerah bawah atau lower zone karena trait ini dapat menjadi indikasi awal dari adanya kecenderungan trauma
Hook atau sudut tajam di daerah bawah atau lower zone karena trait ini dapat menjadi indikasi awal dari adanya kecenderungan trauma
3. Bentuk Coils
Coils atau kail, jika anak memiliki trait ini secara jelas dan tegas (terutama di huruf C) maka menunjukkan adanya kecenderungan keegoisan dan ketidakjujuran
Coils atau kail, jika anak memiliki trait ini secara jelas dan tegas (terutama di huruf C) maka menunjukkan adanya kecenderungan keegoisan dan ketidakjujuran
4. Bentuk Loop di tempat-tempat
tertentu
Loop atau bulatan di huruf-huruf yang berbentuk bulat seperti ‘a’ dan ‘o’
Loop atau bulatan di huruf-huruf yang berbentuk bulat seperti ‘a’ dan ‘o’
- di depan huruf, maka anak tersebut memiliki
kecenderungan untuk menipu dirinya sendiri
- di belakang huruf, maka anak tersebut memilki
kecenderungan untuk menyimpan rahasia
- ada dua bulatan di dalam huruf, maka anak ini memilki kecenderungan untuk berbohong. Semakin besar loop-nya maka semakin besar pula kecenderungan
No comments:
Post a Comment